Langkah Mudah untuk Selalu Semangat Dalam Bekerja

Kita bekerja dalam rutinitas yakni selalu melakukan hal yang sama setiap harinya. Tak heran bila adakalanya tubuh dan pikiran merasa jenuh, malas dan kehilangan semangat bekerja. Jika seperti itu keadaannya, kamu membutuhkan motivasi kerja yang membangkitkan semangat kembali. Rasa jenuh atau bosan bisa menyerang siapa saja, baik itu karyawan, direktur, orang mudah maupun orang tua. Rasa itu memang manusiawi, tapi kalau dibiarkan berlarut-larut bahaya untuk diri sendiri.

Sebagai seseorang yang profesional, kamu harus mampu mengatasi perasaan jenuh dan bosan, terlebih apabila ingin karirnya berkembang. Performa bekerja tak boleh kendor bahkan harus lebih ditingkatkan lagi. Ada baiknya, kamu mencari cara untuk menyiasati rasa jenuh agar tidak lagi merasa malas bekerja. Kalau belum tahu bagaimana langkah yang tepat, simak langkah-langkah yang kami sarankan untuk kamu berikut ini!

Biasakan untuk bangun pagi

Bangun pagi adalah cara yang tepat untuk menghindarkan Anda dari keterlambatan beraktivitas. Selain itu, Anda bisa memacu motivasi kerja dengan cara berolahraga, sarapan dan mempersiapkan peralatan kerja terlebih dahulu. Bila mempunyai waktu lebih untuk mempersiapkan diri, tentu tubuh terasa lebih ringan dan bersemangat.

Menurut informasi, Barrack Obama, Mantan Presiden Amerika Serikat dan beberapa miliader dunia memiliki kebiasaan bangun bagi. Menurut mereka selain mendapatkan manfaat dalam kesehatan, bangun pagi juga membuat hati bahagia dan tubuh proaktif. Jadi, biasakan bangun pagi dan bagi yang beragama muslim jangan lupa untuk menunaikan ibadah sholat subuh.

Tidak suka bersantai

Hilangkanlah budaya bersantai, jangan biarkan semangat dalam diri kamu kendor atau terlena dengan aktivitas yang tidak perlu. Karena saat sudah bersantai, tubuh akan cenderung malas melanjutkan pekerjaan. Para miliarder mengaku menghabiskan waktunya sekitar 80 jam – 100 jam setiap minggunya untuk bekerja. Kalau ingin motivasi kerja kamu bertambah, hindarilah bersantai-santai.

Aktif belajar ilmu baru

Faktanya, orang yang dirinya dipenuhi oleh ide atau gagasan lebih aktif dan bersemangat dalam menjalankan kerjanya. Sebab, ada sesuatu kekuatan yang menuntut agar idenya itu harus segera diwujudkan. Sehingga, tubuh tersugesti lebih semangat dan motivasi kerja menjadi tinggi. Jika kamu ingin penuh dengan ide atau gagasan, carilah ilmu atau pengetahuan baru. Salah satunya dengan membaca buku atau mengikuti komunitas yang memberikan ilmu positif bagi perkembangan diri.

Buatlah target

Seseorang yang hidupnya ditargetkan akan lebih bersemangat dalam mencapai target yang ditetapkan itu. Kalau ingin selalu bersemangat dalam bekerja, buatlah target pasti. Jangan muluk-muluk, mulailah dari yang kecil dulu. Misalnya dengan penjualan harus meningkat 5% dalam pekan ini, jika kamu bekerja di bidang perdangangan. Target tersebut seakan-akan mengingatkan diri kamu untuk terus maju, berpikir bagaimana target tercapai dan selalu bersemangat.

Ingat kata-kata motivasi dari tokoh dunia

Kekuatan sebuah kalimat dapat mengubah seseorang mempunyai kekuatan besar. Kata-kata mampu menjadi motivasi kerja yang tak terkalahkan dibandingkan apapun dan membuat seseorang berubah. Kalau kamu sedang dilanda kejenuhan, cobalah untuk membaca kata-kata motivasi dari tokoh dunia. Tentu kamu tahu jika tokoh-tokoh dunia itu meraih kesuksesannya, jadi tidak mungkin katanya suatu kebohongan belaka.

Seperti gagasan Steve Jobs, Mantan CEO Apple : “The Only Way To Do Great Work Is To Love What You Do”. Steve Jobs menganjurkan kita supaya memilih suatu pekerjaan yang betul-betul disukai karena cara itu akan membuat diri senang dan hasil dari pekerjaan selalu mengikuti suasana hati itu. Jadi, bila hati kamu senang dalam bekerja, maka performa kerjamu bagus dan hasilnya memuaskan.

shares