Ini Dia Hal Yang Perlu Kamu Kenali Sebelum Sewa Apartemen

Sewa rumah atau sewa apartemen murah? Pertanyaan itu menjadi bahan pertimbangan sebuah keluarga untuk memilih hunian yang nyaman. Tinggal di apartemen menjadi pilihan di negara-negara maju sebab lahan yang sangat terbatas untuk hunian. Di Indonesia mungkin baru beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan beberapa ibukota provinsi lain yang memperkenalkan apartemen sebagai pilihan hunian nyaman.

Sewa apartemen bisa memiliki tiga fungsi yaitu sebagai hunian, gaya hidup atau investasi. Sebagai bagian investasi memiliki apartemen berarti memiliki kesempatan untuk memperjual belikan atau menyewakannya dengan tujuan mendapatkan income. Tak mengherankan jika di kota metropolitan aktivitas sewa menyewa apartemen menjadi bisnis yang menjanjikan.

Tinggal di apartemen dipandang sebagai bagian dari gaya hidup karena dibandingkan rumah tapak, apartemen memiliki berbagai kelebihan. Pengelola apartemen biasanya memiliki sistem keamanan 24 jam untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Dari segi perawatan kebersihan dan kerapian memilih apartemen sebagai hunian adalah pilihan tepat. Andai tak punya cukup waktu untuk membersihkan rumah karena sibuk bekerja bisa menyewa jasa cleaning service apartemen. Desain apartemen dirancang fungsional minimalis sehingga ruang yang tidak terlalu luas tetap terlihat lapang.

Tinggal di apartemen mungkin menjanjikan berbagai fasilitas dan kenyamanan. Namun fasilitas yang dinikmati tidakklah gratis. Selain biaya sewa penghuni apartemen harus merogoh kocek lebih dalam untuk Iuran Pengelolaan Lingkungan, biaya parkir dan sinking fund. Iuran itu digunakan untuk membayar gaji sekuriti, perawatan fasilitas umum apartemen, gaji petugas kebersihan dan berbagai keperluan publik lainnya. Simak beberapa hal berikut ini agar sewa apartemen menjadi lebih tepat sasaran.

Sesuaikan dengan Dana yang Ada

Sesuaikan budget , hal ini sering kali menjadi kendala dalam menentukan apartemen yang diingkan. Kini sudah banyak penawaran sewa apartemen, tapi yang menjadi pertanyaanya adalah apakah sesuai dengan budget yang ada di kantong kalian? Budget di sini bukan hanya semata-mata sanggup membayar sewa bulanan saja. Tapi kalian juga harus memperhatikan biaya-biaya yang menyertainya juga. erhitungan budget ini tentunya sangat penting. Apabila tidak tentunya akan menyulitkan kamu yang sewaktu-waktu bisa terusir dari apartemen yang ditinggali karena tak sanggup membayar.

Untuk itu, sebelum pindah ke apartemen sewaan, buatlah perencanaan anggaran terlebih dahulu. Buat daftar pengeluaran setiap bulannya dan gabungkan dengan biaya sewa apartemen rata – rata di lokasi yang kamu inginkan.

Cari dan Pilih Lokasi yang Tepat

Poin kedua ini sangat perlu kalian perhatikan, yaitu memilih lokasi yang tepat. Pilihlah lokasi sewa apartemen murah sedekat mungkin dengan mobilitas keseharian kalian. Entah dekat dengan tempat kerja, sekolah, rumah sakit, transportasi umum, dan lainnya. Biasanya apartemen terletak di pusat keramaian seperti misalnya dekat dengan gerbang pintu tol atau berdekatan dengan gedung perkantoran.

Cek unit Sewa dengan Seksama

Ketika akan sewa apartemen, sebaiknya kamu langsung melakukan cek unit yang hendak disewa, bukan mendatangi unit yang menjadi contoh. Lihatlah kondisi terkini dari unit apartemen yang akan kamu sewa. Misalnya cek saluran air dan toilet apakah bisa digunakan dengan baik, periksa juga listrik, lampu, pendingin ruangan, dan lain sebagainya. Selain di dalam area unit, kalian pun perlu melakukan pengecekan di area apartemen seperti lorong-lorong apartemen. Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, maupun fasilitas pendukung lainnya.

Furnished / Unfurnished

Setelah semua pengecekan dan kalian sudah merasa sesuai dengan harapan, makan tips selanjutnya adalah mempertimbangkan interiornya terutama dalam hal furnitur. Memiliki apartemen dengan furnitur rasanya bisa menjadi pilihan ideal meskipun kalian sudah memiliki furnitur. Jika pemilik menawarkan unit apartemen dengan furnitur, maka manfaatkanlah! Jika memang kalian sudah memiliki furnitur sebelumnya tentunya hal ini bisa digunakan untuk menutupi uang sewa dengan cara menjual furnitur yang sudah dimiliki.

Buat Perjanjian Sewa

Tips terakhir yang bisa kalian lakukan adalah membuat perjanjian sewa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai dilewatkan! Pasalnya, surat perjanjian itu mencantumkan hal-hal penting yang berkaitan dengan pemilik mau pun penyewa. Hal ini menjadi sangat penting karena akan mengatasi semua masalah yang akan timbul di kemudian hari. Pernjanjian ini berisi rincian seperti:

  • Jumlah uang sewa,
  • Masa jangka waktu sewa,
  • Biaya-biaya,
  • Siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan,
  • Fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni, dan lain sebagainya.

Dalam membuat surat perjanjian sewa ini, buatlah rangkap dua untuk dipegang masing-masing pihak. Tak ketinggalan dibubuhi materai secukupnya. Dengan adanya surat perjanjian tersebut maka secara langsung menjadi bukti legal menghuni unit apartemen.

Itulah beberapa tips yang bisa dibagi, semoga bisa menjadi panduan untuk kalian yang sedang mencari sewa apartemen murah. Semua keputusan ada ditangan kalian dan satu hal lagi cari informasi sebanyak-banyaknya seputar pengembangnya, dokumen perizinan, dan lain sebagainya dari apartemen terkait. Jangan salah pilih unik sewa apartemen ya!

shares